fbpx

Penyebab Payudara Kendur atau Turun dan Cara Mengencangkannya

Penyebab Payudara kendur atau turun dan Cara Mengencangkannya

Ada beberapa Penyebab Payudara kendur atau turun. Payudara menjadi bagian terpenting bagi seorang wanita. Itulah mengapa, tidak sedikit wanita yang rela menghabiskan materi dan waktunya untuk mendapatkan payudara yang baik. Karena selain bisa membahagiakan pasangan, bentuk payudara juga ternyata bisa menjadi salah satu faktor kepercayaan diri seseorang meningkat. Sayangnya, keinginan tersebut kadang tidak bisa tercapai, karena payudara kendur. Bagi seorang wanita yang sudah menikah, mungkin menjadi hal yang biasa. Tapi bagi wanita yang belum menikah, tentu hal ini menjadi masalah yang cukup serius. Oleh karena itu, penting rasanya kita bahas seputar penyebab payudara kendur, kemudian cara mengencangkannya, cara merawat, hingga penyebab kendurnya payudara wanita yang belum menikah. Berikut penjelasannya.

Penyebab Payudara kendur atau turun

Payudara kendur adalah bagian dari perubahan penampilan payudara yang sebagian besarnya dialami oleh wanita. Hal ini seiring bertambahnya umur. Tapi tenang saja, karena hal ini adalah perubahan alami yang bisa saja dialami oleh semua wanita di muka bumi. Hanya saja, tentu tidak ada satupun wanita yang ingin payudaranya kendur. Ia kan? Dalam istilah medis, kondisi ini disebut dengan ptosis payudara. Sayangnya, di antara banyaknya informasi mengenai payudara tidak sepenuhnya berkontribusi mengatasi kondisi ini. Karena tidak sedikit yang justru menyebarkan ‘persepsi’ belaka. Secara umum, ada berbagai faktor yang menyebabkan payudara Anda kendur. Mulai dari usia yang terus bertambah, kurangnya kolagen, defisiensi estrogen, gravitasi, indeks massa tubuh yang cukup tinggi, ukuran payudara yang besar, menopause, multiple pregnancies, penurunan berat badan yang terlalu cepat, dan merokok.

Dan penyebab yang paling umum adalah karena hilangnya elstisitas kulit yang disebabkan oleh usia. Adapun penyebab lainnya adalah multiple pregancies. Adanya perubahan pada hormone tubuh ketika hamil bisa membuat saluran asi menyusut dan meregang. Sehingga membuat jaringan payudara kendur. Untuk vagina longgar bisa disimak disini

Cara mencegah dan mengencangkan payudara kendur

Untuk mengatasi kondisi payudara kendur ini, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan.

  1. Mengelola berat badan yang sehat

Cara pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengelola berat badan yang sehat. Maksudnya bagaimana? Jadi, Anda tidak perlu menurunkan berat badan ataupun menambah berat badan. Melainkan, cukup jaga berat badan Anda agar konsisten, dan jangan lupa untuk menjaga kesehatan. Karena dengan mengelola berat badan yang sehat bisa mencegah payudara kendur.

  • Menggunakan bra yang cocok dan nyaman

Cara kedua adalah dengan menggunakan bra yang cocok dan nyaman ketika Anda gunakan. Khususnya ketika sedang melakukan olahraga. Maka, sebelum membeli bra, cobalah untuk memperhatikannya. Apakah cukup nyaman atau tidak. Karena ternyata, ketika Anda menggunakan bra yang salah bisa memberikan dampak degatif.

  • Jangan merokok atau berhenti merokok

Merokok akan mempercepat proses penuaan seseorang. Dan ketika berada pada vas etersbut, maka jaringan tubuh, termasyk ligament payudara akan kehilangan kekencangannya. Bukan hanya itu saja, dengan merokok, maka elastin, dan protein dalam tubuh Anda akan hancur. Padahal, protein sendiri sangat baik bagi tubuh. Salah satunya adalah menjaga kulit Anda agar tetap kenyal.

  • Makan-makanan sehat

Ketika menopause, hormone estrogen dalam tubuh Anda akan menurun. Dan akan menyebabkan payudara kendur. Maka, untuk meningkatkan hormone tersebut, Anda bisa mula mengkonsumsi makana yang sehat. Seperti buah dan sayur. Atau, bisa juga dengan mengkonsumsi suplemen yang memang dapat memperbaiki bantuk payudara Anda.  Hanya saja, untuk mengetahui kadar hormone estrogen, Anda perlu mengkonsultasikannya kepada dokter.

Itulah dia beberapa cara mengatasi dan mengencangkan payudara kendur. Semoga bermanfaat.

Leave A Comment