fbpx

Seberapa besar efek samping suntik botox? Perawatan kecantikan non bedah berupa Botulinum toxin atau suntik botox tengah populer beberapa dekade terakhir. Perempuan di belahan dunia mulai tertarik dengan salah satu perawatan anti penuaan dini yang tergolong instan ini.

Manfaat Suntik Botox

Manfaat suntik botox yang utama adalah untuk merelaksasi otot rahang. Selain itu untuk mengurangi garis halus pada wajah. Sehingga wajah terlihat lebih kecil, lebih kencang dan lebih cantik dari sebelum melakukan suntik botox tentunya.

Apakah anda merasa tidak puas dengan penampilan wajah Anda saat ini? Anda bisa mempertimbangkan suntik botox sebagai solusi yang ampuh. Baik dilihat dari segi kemudahan dan hasil yang diperoleh.

Sebelum kami memaparkan efek samping dari suntik botox, ingat untuk selalu memilih dokter dan klinik kecantikan berlisensi dan berpengalaman dalam memberikan suntik botox.

Serta jangan lupa untuk mengkonsultasikan kondisi kesehatan serta wajah anda sebelum melakukan suntik botox. Minta pula kepada dokter yang menangani Anda untuk tampilan yang lebih alami dan ekspresif. Dokter Anda bisa menyesuaikan dosis yang cocok untuk Anda.

Efek Samping Suntik Botox

Lalu bagaimana dengan efek samping dari suntik botox? Pasti ada keraguan dalam diri Anda, terutama yang belum pernah mencoba suntik botox sekalipun dalam hidupnya. Adakah efek samping pada tubuh, atau efek samping bagi kesehatan? Tenang, anda akan menemukan jawabannya dalam artikel ini.

Hanya sekadar informasi alias For Your Information agar lebih jelas lagi. Suntik botox sebagai salah satu prosedur awet muda yang resmi dan sudah disetujui oleh Food and Drug Administration (FDA). Peresmian dan surat izin botox sudah diterbitkan sejak 1991. Semenjak saat itu suntik botox pun menjadi pilihan bagi 6,7 juta perempuan di AS untuk menghilangkan kerutan. Menurut data pada 2015 menurut laporan American Society of Aesthetic Plactic Surgeons.

Sedangkan menurut dokter estetika, dr. Rika Sukono, secara garis besar suntik botox tidak memiliki efek samping yang membahayakan. Baik bagi tubuh maupun kesehatan manusia. Bahkan suntik botox dipercaya memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan.

Kalaupun ada efek samping pada bagian tubuh (wajah) yang disuntik, efek yang ditimbulkan hanyalah bersifat sementara. Artinya, akan hilang dalam kurun waktu beberapa hari. Itupun sebagai bentuk penyesuaian bagi tubuh.

Suntik botox tidak berbahaya serta tidak menimbulkan efek samping yang bisa membahayakan kesehatan pada pemakainya,”

ujar dr. Rika Sukono.

Efek Samping yang Ditimbulkan Dari Suntik botox:

1. Rasa nyeri pada bagian suntikan

Adanya rasa nyeri atau ngilu pada titik-titik bekas suntikan adalah hal yang wajar. Tentu saja jarum suntik akan menimbulkan sedikit kedutan, namun tidak akan berlangsung lama.

2. Bekas Jarum

Bagian wajah yang disuntik bisa saja menimbulkan bekas jarum namun tidak akan terlihat jelas atau merusak penampilan wajah Anda, dan lagi-lagi ini hanyalah bersifat sementara bukan permanen.

3. Biru-biru Pada Titik-titik yang di Botox

Anda jangan cemas jika mendapati ada titik-titik biru di wajah usai suntik botox, itu hanyalah bagian dari bekas suntikan yang akan hilang dalam kurun waktu empat hari.

4. Otot Rahang Melemah

Usai melakukan suntik botox, Anda bisa saja mengalami kesulitan dalam mengunyang, dikarena otot rahang usai di suntik botox akan lebih melunak, namun hanya berlangsung paling lama satu minggu.

5. Dysphasia

Dysphasia merupakan ketidakmampuan untuk berbicara dengan jelas, menelan, atau melakukan ekspresi wajah dasar. Namun, dalam kasus suntik botox kasus ini sangat jarang terjadi.

“Kebanyakan dari efek samping di atas termasuk jarang dan ringan. Efek samping hanyalah bersifat sementara, dan akan menghilang seiring waktu dan setelah dilakukan penyesuain,” sebut dr. Rika.

Nah, sudah jelas bukan bahwa risiko atau efek samping terhadap kesehatan tergolong minim. Pasalnya, saat suntik botox diinjeksikan ke dalam jaringan otot wajah, botox tidak akan menyebar ke bagian tubuh lainnya. Tentunya banyak sekali manfaat yang bisa Anda peroleh dengan melakukan suntik botox. Terutama dalam menyempurnakan penampilan.

Tentunya cara ini tergolong efektif dan ringan karena termasuk dalam perawatan non bedah atau operasi, jadi jangan takut untuk melakukan suntik botox.

Leave A Comment