fbpx

Mata Panda beda dengan Kantung Mata – Begini Cara Mengatasinya

Perbedaan Kantung Mata dan Mata Panda

Permasalahan yang paling sering dialami oleh semua orang adalah mata panda dan juga kantung mata. Dua permasalahan ini kerap menimpa banyak orang, terutama bagi yang usianya sudah mulai lanjut, kurang istirahat, dan tidak mempunyai waktu tidur yang cukup. Sampai saat ini, banyak sekali masyarakat yang mengira, bahwa antara kantung mata dan mata panda adalah sama, tidak memiliki perbedaan sama sekali. Padahal sebenarnya, keduanya juga memiliki perbedaan loh.

Kantung mata akan terjadi jika ada proses Hiperpigmentasi yang terlihat di area bawah mata, sehingga membuat mata seseorang terlihat lebih lelah dan lebih hitam. Dan menimbulkan kesan gelap, dan tidak terlihat bagus. Dan biasa, kondisi ini juga bisa terjadi jika seseorang memiliki lemak terlalu banyak di area bawah mata, dan banyaknya aktivitas yang dilakukan secara terus menerus, seperti kelelahan dan tidak mempunyai waktu tidur yang cukup, hingga faktor penuaan dini.

Faktor Penyebab Masalah Panda

Sementara mata panda sendiri pada umumnya disebabkan karena adanya faktor genetik dan warna kulit. Faktor lain yang dapat menyebabkan mata panda yaitu kelelahan dan kurang tidur. Jika kamu terlalu sering begadang, jam tidur akan berkurang, dan jika hal tersebut terjadi, maka akan terjadi peningkatan jumlah melanin sekitar mata, sehingga ketika melaninnya meningkat, akan ada penumpukan melanin yang membuat mata seperti mata panda.

Jika kamu mempunyai kulit yang berwarna putih ataupun kuning, maka warna panda akan terlihat biru, atau seperti warna nadi yang biru kehijauan. Hal ini karena kulit di area mata kamu tipis. Sementara jika warna kulit kamu hitam manis atau sawo matang, bagian mata akan terlihat hitam. Maka, jika kamu terus menerus tidak tidur yang cukup, bagian ini akan terus menghitam.

Kondisi kantung mata dan mata panda ini bisa terjadi kepada mata kamu sekaligus loh. Maka, cobalah untuk menghindari kebiasaan buruk yang bisa menimbulkan kedua permasalahan tersebut. Cobalah untuk mengubah pola hidup yang tidak sehat menjadi lebih sehat, seperti mulai mengonsumsi makan-makanan bergizi, berolahraga secara teratur, hingga melakukan treatment. Karena dengan pola hidup sehat akan menghambat timbulkan masalah panda ini.

Cara Mengatasi Mata Panda

Jika saat ini kamu mengalami permasalahan ini, maka kamu bisa melakukan pengobatan secara sederhana. Cobalah dengan mengompres mata dengan masker mata. Manfaat masker mata ini sangatlah banyak. Caranyapun sangat mudah. Pertama, bersihkan dahulu bagian wajah kamu. Terutama bagian mata. Kemudian, kompres mata dengan mentimun utuh sebagai masker paling tidak selama 15 menit. Agar hasilnya maksimal, maka kamu harus sering-sering melakukan treatment ini. Selain tiu minyak zaitun, lidah buaya dan kopi bisa juga dipakai.

Paling tidak, ya dua kali dalam seminggu. Apabila kamu jarang melakukan treatment ini, tentu hasilnya tidak akan maksimal, sehingga kondisi mata kamu akan begitu-begitu saja. Hanya saja, treatment dengan memanfaatkan kompres masker mentimun ini tidak begitu maksimal ya.

Apabila kondisi mata kamu sudah parah, warnanya juga sudah tidak biasa, maka kamu bisa langsung membawanya saja ke dokter yang ahli. Masalah panda ini biasanya akan tergantung dengan derajat masalah itu sendiri.

Maka, konsultasikan ke dokter yang berpengalaman ya. Hal ini untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Oke, demikian pembahasan seputar perbedaan kantung mata dan mata panda yang harus kamu tahu. Yuk mulai menerapkan pola hidup sehat agar di bagian ini tidak akan muncul kantung dan tidak akan terlihat seperti panda. Semoga bermanfaat.

Leave A Comment